Senin, Juni 27, 2016

Asalam'ualaikum wr wb...
Pada hari ini kita berkumpul dengan teman-tema  juga bersama mbah suro selaku sebagai pembimbing . membahas tentan SOP,perencana kerja,kedisiplinan bekerja,dan k3 dalam membangun suatu jaringan.

1. Pengertian sop
   SOP (Standard Operating Procedures) adalah panduan hasil kerja yang diinginkan serta proses kerja yang harus dilaksanakan. SOP dibuat dan di dokumentasikan secara tertulis yang memuat prosedur (alur proses) kerja secara rinci dan sistematis. Alur kerja (prosedur) tersebut haruslah mudah dipahami dan dapat di implementasikan dengan baik dan konsisten oleh pelaku. Implementasi SOP yang baik akan menunjukkan konsistensi hasil kerja, hasil produk dan proses pelayanan seluruhnya dengan mengacu kepada kemudahan, pelayanan dan pengaturan yang seimbang.
Cara membuat SOP
Langkah terakhir adalah mengetahui cara membuat SOP dengan menggunakan template sbb:
  • Esensi dari SOP adalah mudah dipahami dan diaplikasikan oleh pegawai yang melaksanakan. Oleh sebab itu gunakan kaidah “Mudah dibaca, dipahami dan dilaksanakan”.
  • Tuliskan langkah demi langkah secara bertahap.
  • Gunakan kata kerja dalam kalimat aktif, karena diharapkan pembaca SOP melakukan sesuatu. Contoh “Kirim analisa ke supplier” bukan “Analisis dikirim kepada supplier
  • Gunakan kalimat positif dan hindari kata “tidak“, “jangan“.
  • Instruksi kata dibuat singkat, padat dan mudah dipahami.
  • Buat bagan alurnya (flow chart).
  • Buat penjelasan yang dibutuhkan, jika diperlukan.
  • Buat dan cantumkan dokumen pendukun SOP (form, sheet, SK, dll).
  • Cantumkan tanggal pembuatan SOP, serta tanggal Revisi (jika ada).
  • Cantumkan petugas pembuat SOP dan siapa yang mengesahkan.
2.Perencana kerja
   perencanaan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. 
Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

 3. Kedisiplinan bekerja
      kita sebagai pekerja harus disiplin,waktu,penampilan,sikap,dan  menerapkan SOP .
  •   Disiplin waktu : kita harus tepat waktu dalam menjalankan tugas yang sudah di berikan kepada kita.
  • Penampilan : penampilan harus ras rapih pada saat bekerja pada kantor-kantor tertentu.
  • sikap : sikap harus ramah pada kariawan maupun pegawai yang berada di likungan tersebut.
4.Membangun karakter K3 dalam membangun suatu jaringan.
  Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan bentuk mencapai situasi perusahaan,dimana didalamnya pegawai merasa sehat,dan merasa aman dari suatu bahaya maupun resiko yang muncul.Tujuan akhir dari suatu program k3 di perusahaan adalah tidak adanya angka ke celakaan kerja,bahkan tidak ada kesakitan akibat kerja di dalam perusahaan.
 sekian dari saya semoga bermanfaat.
Asalam'ualaikum wr wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

hapus. Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Popular Posts